Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Pemdes Socorejo Tuban, Menyemai Kebaikan dengan Silaturahmi dan Santunan Ramadan

08 April 2024 19:08:55  Socorejo Bangkit  69 Kali Dibaca  Berita Desa

Pemerintah Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban menggelar acara silaturahmi Ramadan 1445 H dan santunan anak yatim. Acara ini juga menjadi momen untuk menyerahkan santunan kematian kepada peserta BPJS ketenagakerjaan, Senin (8/4/2024). 

Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rachman Hakim, S.HI, menyatakan bahwa silaturahmi Ramadan tahun ini dihadiri oleh tokoh masyarakat, tokoh agama, dan pemuda. Turut serta dalam acara ini adalah guru-guru TPQ, guru MI/SDN, dan guru SMP Isju.

Kang Arief sapaan akrab Kades Socorejo menambahkan bahwa silaturahim dapat mempererat hubungan antarindividu, keluarga, dan masyarakat, sehingga menciptakan kebersamaan yang lebih kuat.

"Melalui silaturahim, masyarakat dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain, terutama kepada yang membutuhkan seperti anak yatim dan fakir miskin," Tuturnya. 

Selain itu, menjalin silaturahim juga dapat memberikan rasa nyaman, damai, dan bahagia, sehingga meningkatkan kesejahteraan psikologis seseorang.

Sekaligus dapat menjadi sarana untuk memperbaiki kualitas ibadah seseorang, karena dengan hubungan yang baik dengan sesama, hati menjadi lebih lapang dan tenang dalam beribadah.

Melalui silaturahim, seseorang dapat memperoleh berkah dan rahmat dari Allah SWT, karena hubungan baik dengan sesama merupakan salah satu jalan untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

Silaturahim dapat menciptakan lingkungan yang damai dan harmonis, karena hubungan yang baik antarindividu dapat mengurangi konflik dan perselisihan.

"Silaturahim dapat menjadi sarana untuk menyebarkan kebaikan, seperti memberikan santunan kepada anak yatim dan fakir miskin, sehingga memperoleh pahala yang besar di bulan Ramadan," imbuhnya. 

Sementara itu, Kades Socorejo juga menjelaskan bahwa santunan anak yatim memiliki banyak manfaat, di antaranya memberikan kebahagiaan kepada anak yatim, karena mereka merasa dihargai dan mendapat perhatian.

Santunan dapat membantu memenuhi kebutuhan ekonomi anak yatim, seperti pendidikan, pakaian, dan kebutuhan sehari-hari lainnya.

"Mendorong Pendidikan. Dengan bantuan santunan, anak yatim dapat lebih mudah untuk mengakses pendidikan yang layak, sehingga meningkatkan peluang mereka untuk meraih kesuksesan di masa depan," jelasnya. 

Selanjutnya menumbuhkan rasa empati. Memberikan santunan kepada anak yatim dapat menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama, serta memperkuat ikatan sosial dalam masyarakat.

Memberi santunan yatim juga dapat mendekatkan diri kepada Allah. Memberikan santunan kepada anak yatim merupakan salah satu amal yang dicintai oleh Allah SWT, sehingga dapat mendekatkan diri kepada-Nya.

"Dengan menerima santunan, anak yatim dapat merasa lega dan terbantu dalam menghadapi kesulitan hidup yang mereka hadapi," tambahnya. 

Manfaat terakhir mendapat pahala. Di mana memberikan santunan kepada anak yatim adalah amal jariyah yang akan terus mengalir pahalanya bagi orang yang memberikan santunan, bahkan setelah mereka meninggal dunia. (*) 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.926
    Kemarin:791
    Total Pengunjung:1.721.279
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.142.199.138
    Browser:Mozilla 5.0