Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Jamaah Ngaji Roso Socorejo Tuban Gelar Acara Spesial Peringati Nuzulul Qur'an

29 Maret 2024 02:14:14  Socorejo Bangkit  92 Kali Dibaca  Berita Desa

Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an, Jamaah Ngaji Roso Socorejo mengadakan acara spesial, Kamis (28/3/2024). 

Acara ini dihadiri oleh tokoh agama terkemuka, antara lain KH Syahid, Kiai Mujahidin, Ustadz Nanang (Ketua Ranting NU Socorejo), dan Ustadz Kamsai (Sekretaris Cabang Muhammadiyah Jenu). 

Dalam kesempatan tersebut, mereka mengajak semua pihak untuk mengambil hikmah dari peristiwa akbar ini.

"Semoga kita bisa mengambil hikmah dari peristiwa akbar ini agar kita bisa IQRO' kepada diri kita sendiri, kepada sesama, dan kepada semesta," tutur Z. Arief Rachman Hakim, Kepala Desa Socorejo, Jenu, Tuban. 

Mereka juga berharap agar rahmat dan karunia Allah SWT senantiasa terlimpahkan untuk kita semua.

Nuzulul Quran merujuk pada turunnya Al Quran dari Lauhul Mahfuzh ke langit dunia pada malam Lailatul Qadr. 

Peristiwa ini merupakan momen penting dalam sejarah Islam karena dengan turunnya Al Quran, Allah SWT memulai wahyu kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup umat manusia. 

Nuzulul Quran juga menjadi momen untuk merenungkan dan memahami isi Al Quran serta mengambil pelajaran dan hikmah dari ayat-ayat suci yang terkandung di dalamnya. 

Selain itu, peringatan Nuzulul Quran juga menjadi waktu untuk meningkatkan ibadah, memperbanyak dzikir, dan memperbanyak amalan saleh sebagai bentuk penghormatan terhadap kitab suci umat Islam.

Nuzulul Quran memiliki beberapa keistimewaan yang sangat penting dalam agama Islam. Beberapa di antaranya adalah:

 

1. Momen Turunnya Al Quran: Nuzulul Quran merupakan momen turunnya Al Quran pertama kali dari Lauhul Mahfuzh ke langit dunia pada malam Lailatul Qadr. Hal ini menandai dimulainya wahyu Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW sebagai pedoman hidup umat manusia.

 

2. Malam Lailatul Qadr: Nuzulul Quran terjadi pada malam Lailatul Qadr, yang merupakan malam yang lebih baik dari seribu bulan. Amalan ibadah pada malam ini bernilai lebih besar daripada ibadah seribu bulan.

 

3. Petunjuk dan Hidayah: Al Quran adalah sumber petunjuk dan hidayah bagi umat manusia. Dengan turunnya Al Quran, manusia diberikan panduan untuk menjalani kehidupan yang benar dan bermanfaat.

 

4. Membawa Rahmat dan Kebaikan: Al Quran merupakan rahmat dan kebaikan bagi seluruh alam. Dengan memahami dan mengamalkan isi Al Quran, umat manusia diharapkan dapat hidup dalam keselamatan dan kedamaian.

 

5. Penyempurna Agama: Al Quran menyempurnakan ajaran agama Islam dan mengatur segala aspek kehidupan umat Islam, mulai dari ibadah, muamalah, akhlak, hingga tata cara berpakaian.

Keistimewaan Nuzulul Quran mengingatkan umat Islam akan pentingnya Al Quran dalam kehidupan mereka serta mendorong mereka untuk lebih mendalami dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalamnya.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:6
    Kemarin:1.200
    Total Pengunjung:1.762.479
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.83.154
    Browser:Tidak ditemukan