Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Intensitas Hujan di Tuban Mulai Turun, BMKG Imbau Nelayan Tetap Waspada

16 Maret 2024 06:25:21  Socorejo Bangkit  62 Kali Dibaca  Berita Desa

Tuban - BMKG Stasiun Meteorologi Tuban memperkirakan bahwa intensitas hujan yang selama beberapa hari terakhir mengguyur wilayah Kabupaten Tuban akan mulai turun pada 17 Maret 2024 mendatang. 

Kepala BMKG Stasiun Meteorologi Tuban, Zem Irianto Padma, menyatakan bahwa berdasarkan data model cuaca BMKG, intensitas hujan di Tuban dari tanggal 14 Februari hingga 16 Maret 2024 diperkirakan mencapai 20 hingga 40 mm/hari. 

Namun, pada 17-18 Maret 2024, intensitas hujan diprediksi mulai menurun menjadi sekitar 5-15 mm/hari.

Meskipun demikian, Zem mengingatkan bahwa penurunan intensitas hujan tidak berarti kondisi cuaca menjadi lebih bersahabat. "Meski curah hujan turun, masih ada potensi terjadinya angin kencang," ujarnya dikutip dari situs Tubankab, Sabtu (16/3/2024). 

Selain itu, Zem juga menyampaikan bahwa gelombang laut di wilayah tersebut diperkirakan akan tetap berada pada level sedang, yaitu sekitar 0,5 meter hingga 1,5 meter, dalam 5 hari ke depan. 

Oleh karena itu, Zem mengimbau kepada para nelayan agar tetap waspada dan berhati-hati saat melaut, karena kondisi gelombang masih di atas 1,25 meter, yang masuk dalam kategori berbahaya untuk perahu nelayan dan kapal tongkang.

Zem juga mengingatkan instansi dan masyarakat umum untuk selalu meng-update informasi cuaca dari BMKG melalui Aplikasi Info BMKG atau media sosial resmi BMKG. 

Dia menjelaskan bahwa cuaca buruk yang terjadi saat ini disebabkan oleh kombinasi tiga fenomena, yaitu Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Atmosfer Rossby, dan bibit siklon di Samudra Hindia. (*) 

 

 

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:316
    Kemarin:3.390
    Total Pengunjung:1.722.059
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.171.58
    Browser:Mozilla 5.0