Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

10 Amalan Ramadan Wajib Dilakukan Umat Islam, Apa Saja?

11 Maret 2024 12:41:44  Socorejo Bangkit  48 Kali Dibaca  Berita Desa

Tuban - Menjelang bulan Ramadan, umat Islam mempersiapkan diri secara lahir dan batin. Berlatih berpuasa sunah di bulan Syaban, salat sunah, dan ibadah lainnya. Pada bulan Ramadan, semua amalan yang kita lakukan akan dilipatgandakan pahalanya.

Semua muslim sebaiknya berlomba-lomba untuk memperbanyak amalan baik. Dihimpun dari laman resmi NU Online, berikut 10 amalan di bulan Ramadan yang perlu diperbanyak.

1. Melaksanakan Sahur

Sebelum melaksanakan puasa, umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan sahur. Lebih dianjurkan untuk diakhirkan selama sampai masuk waktu yang tidak diragukan, yaitu apakah masih malam atau sudah terbit fajar. Sesuai sabda Rasulullah SAW berikut,

 

لَا تَزَالُ أُمَّتِي بِخَيْرٍ مَا أَخَّرُوا السَّحُورَ وَعَجَّلُوا الْفِطْرَ

 

Artinya, "Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka," (HR Ahmad).

 

2. Menyegerakan Berbuka Puasa

Menyegerakan berbuka puasa adalah hal yang mudah dilakukan untuk memperoleh amalan. Hal ini terdapat dalam HR. Al-Baihaqi :

 

كان أصحاب محمد صلى الله عليه وسلم أعجل الناس إفطارا وأبطأهم سحورا

 

"Para sahabat Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam adalah manusia yang paling bersegera dalam berbuka puasa, dan paling akhir dalam sahurnya".

 

3. Memperbanyak Doa dan Membaca Doa Saat Berbuka Puasa

Terdapat hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah terdapat tiga doa yang tidak akan pernah ditolak oleh Tuhan. Ketiga orang tersebut adalah doa orang yang berpuasa sampai dia berbuka, doa dari pemimpin yang adil, dan doa orang yang teraniaya. Oleh karena itu saat bulan Ramadan perbanyaklah berdoa, niscaya akan dikabulkan oleh Allah.

Adapun doa untuk berbuka puasa adalah sebagai berikut:

Di antaranya adalah doa berikut:

 

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ وَعَلَيْكَ تَوَكَّلَتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ، وَابْتَلَّتِ الْعُرُوقُ، وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللَّهُ يَا وَاسِعَ الْفَضْلِ اِغْفِرْ لِي اَلْحَمْدُ للهِ الَّذِي هَدَانِي فَصُمْتُ وَرَزَقَنِي فَأَفْطَرْتُ

 

Atau doa yang lebih masyhur berikut:

اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

 

4. Mandi Besar

Menyucikan diri dengan mandi besar dianjurkan dilakukan sebelum terbit fajar. Tujuannya adalah bersuci dari junub, haid, atau nifas agar bisa menunaikan ibadah puasa dalam keadaan suci. Diutamakan dilakukan sebelum imsak, karena dikhawatirkan masuk air ke mulut, telinga, anus, dan sebagainya jika dilakukan setelah terbit fajar.

 

5. Menjaga Ucapan

Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda bahwa puasa bukan hanya untuk menahan diri dari makan minum saja. Melainkan juga untuk menahan diri dari kata-kata laghwu dan rafats. Laghwu adalah perkataan tidak berfaedah sedangkan rafats adalah perkataan jorok. jadi, sebaiknya kita menjaga ucapan agar tidak berkata kasar.

 

6. Menghindari Hal-hal yang Membatalkan Puasa

Umat Islam dianjurkan untuk menghindari hal-hal yang tidak sejalan dengan hikmah puasa, seperti berbuka puasa sampai perut menjadi kekenyangan atau melakukan sesuatu yang bertujuan untuk memuaskan nafsu.

 

7. Iktikaf di Masjid

Iktikaf adalah berdiam diri di dalam masjid dalam rangka untuk mencari ridha Allah dan intropeksi diri atas perbuatan-perbuatannya. Sebaiknya iktikaf dilakukan selama satu bulan penuh, tapi jika tidak bisa maka diutamakan sepuluh hari terakhirnya saja karena pada hari-hari itu terdapat malam Lailatul Qadar.

 

8. Membaca Al-Qur'an

Bulan Ramadan adalah bulan dimana Al-Qur'an diturunkan. Oleh karena itu mengaji atau tadarus adalah amalan sunah yang harus diperbanyak di bulan puasa Ramadan yang sangat dianjurkan. Berikut adalah hadits mengenai tadarus

 

وَكَانَ جِبْرِيلُ يَلْقَاهُ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

 

Artinya:

"Jibril menemuinya pada tiap malam malam bulan Ramadhan, dan dia (Jibril) bertadarus Al-Quran bersamanya. (H.R. Bukhari No. 3220)

 

9. Memperbanyak Sedekah dan Berbagi

Menurut HR Bukhari, Rasul adalah manusia yang paling dermawan dan kedermawanannya meningkat saat Ramadhan apalagi Jibril datang menemuinya. Meneladani kedermawanan Rasulullah, orang yang berpuasa hendaknya memperbanyak sedekah kepada sesama, terutama sedekah makanan atau minuman untuk berbuka puasa. Sebab, orang yang memberi makanan atau minuman untuk orang berpuasa mendapat pahala yang setimpal dengan pahala puasa orang yang disedekahi.

 

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا، كُتِبَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ، إِلَّا أَنَّهُ لَا يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْءٌ

 

Artinya, "Siapa saja yang memberi makanan berbuka kepada seorang yang berpuasa, maka dicatat baginya pahala seperti orang puasa itu, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa tersebut," (HR Ahmad).

 

10. Qiyam Ramadan

Qiyam Ramadan merupakan amalan salat sunah tarawih dan salat malam lainnya. Berikut adalah hadist mengenai salat tarawih:

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

 

Artinya:

Dari Abu Hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah bersabda: "Barangsiapa yang salat malam pada bulan Ramadan karena iman dan mengharap ganjaran dari Allah, maka akan diampuni dosa-dosanya yang lalu. (HR. Bukhari No. 37, Muslim No. 759)

Itulah 10 amalan di bulan Ramadan yang perlu diperbanyak. Yuk, detikers tingkatkan iman dengan melaksanakan amalan-amalan tersebut!

 

Sumber : detikcom

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:309
    Kemarin:3.390
    Total Pengunjung:1.722.052
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.117.186.92
    Browser:Mozilla 5.0