Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - Socorejo Bangkit Berjaya

Artikel

Daftar 6 Sekolah di Tuban Penerima Adwiyata Mandiri dan Nasional 2023

17 Oktober 2023 21:53:07  Socorejo Bangkit  86 Kali Dibaca  Berita Desa

Tuban -  Prestasi membanggakan ditorehkan oleh 6 Sekolah di Tuban yang berhasil meraih Penghargaan Adiwiyata dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Berkat langkah kreatif mengelola dan menjaga lingkungan di sekolah.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Dr.Ir Siti Nurbaya Bakar, M.Sc. kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri dan kepada 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional, Selasa (17/10/2023) di Auditorium Dr.Ir.Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, KLHK, Jakarta Pusat.

Kurdiyono,ST. Fungsional Penyuluh Lingkungan Hidup Ahli Muda pada Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Kabupaten Tuban menjelaskan bahwa dari Kabupaten Tuban 2 Sekolah menerima Penghargaan Adiwiyata Mandiri yaitu SMPN 1 Parengan dan SDN Kutorejo I. Sedangkan 4 Sekolah lainnya menerima Penghargaan Adiwiyata Nasional yaitu SMKN 3 Tuban, SMPN 1 Kerek, SMPN 1 Jenu dan SMP Bina Anak Sholeh Tuban.

“Dan Alhamdulillah tahun ini ada 2 Sekolah yang menerima Adiwiyata Mandiri dan 4 Adiwiyata Nasional, hal ini menunjukkan antusias sekolah di Kabupaten Tuban untuk selalu menjaga lingkungan hidup di lingkungan sekolah.” Ujarnya.

Sesuai arahan dari Mas Bupati, Aditya Halindra Faridzky, DLHP selalu melakukan berbagai upaya dalam pelestarian lingkungan hidup di Kabupaten Tuban, salah satunya dengan melakukan pendampingan terhadap sekolah-sekolah dalam meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan hidup disekolah masing-masing, dan Penghargaan Adiwiyata bukan menjadi tujuan utama tapi  sebagai bentuk apresiasi dan penyemangat.

Sementara itu, Sulistyoningrum, Kepala Sekolah SDN Kutorejo 1 mengungkapkan rasa syukurnya setelah mendapat penghargaan Adiwiyata Mandiri. Ia mengaku bahagia karena apa yang sudah diikhtiarkan oleh Keluarga Besar SDN Kutorejo 1 selama ini untuk peduli terhadap lingkungan hidup di sekolah mendapat apresiasi dari Pemerintah Pusat.

“Terima Kasih kepada seluruh guru, karyawan, semua siswa dan wali murid atas dukungan dan kerja kerasnya selama ini, serta Pemkab Tuban melalui DLHP yang selalu mendampingi kami untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan terhadap lingkungan hidup” Tuturnya dikutip dari Media Center Tuban.

Sebelumnya dalam arahannya, Menteri LHK menekankan bahwa  Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS) atau Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang menjadi salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia.

Praktik-praktik baik dan perilaku ramah lingkungan hidup yang dilaksanakan di sekolah dan sekitar sekolah dalam rangka GPBLHS akan berdampak terhadap peningkatan kualitas lingkungan hidup di sekolah dan sekitarnya dan akan berdampak pada daerah setempat sehingga bisa kita dapatkan lingkungan pemukiman yang baik dan sehat.

Untuk diketahui bahwa pada bulan sebelumnya 7 Sekolah menerima Penghargaan Adiwiyata Tingkat Jawa Timur, yaitu SDN Bektiharjo Kecamatan Semanding, SDN Cepokorejo 1 dan 2 Kecamatan Palang, SDN Sumber Kecamatan Merakurak, SMAN 4 Tuban, SMKN Jatirogo dan SLB C Autis Tuban. (Kdg)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Prodeskel
Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku
Smart Village Tuban

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:796
    Kemarin:446
    Total Pengunjung:1.637.547
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.210.77.73
    Browser:Tidak ditemukan