Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Dampak Bencana Puting Beliung di Desa Socorejo Teratasi, Kuncinya Kolaborasi

20 Mei 2022 11:31:44  Socorejo Bangkit  409 Kali Dibaca  Berita Desa

Socorejo - Kolaborasi merupakan salah satu model pembangunan yang telah diterapkan di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Model tersebut bukan untuk pembangunan semata, tetapi juga saat menghadapi dampak bencana alam. 

Salah satu bencana alam yang baru terjadi di Desa Socorejo adalah angin puting beliung. Data Pemerintah Desa Socorejo, ada 7 bangunan rumah warga yang rusak. Rumah warga sudah didata oleh Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim kemudian dikoordinasikan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban dan Forkopimca Jenu. 

Sesaat setelah peristiwa itu, Kades bersama Kalaksa BPBD Tuban, Sudarmaji, dan Camat Jenu mengecek ke lokasi. Usai melihat kondisi rumah, akhirnya pada Jumat (20/5/2022) pagi perbaikan mulai dilakukan, dan tak lama kemudian selesai. 

Selain perbaikan rumah, pemilik rumah atau korban bencana juga diberikan bantuan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Penanganan cepat dan sigap tersebut, menurut Kades Socorejo kuncinya ada di kolaborasi. 

"Alhamdulillah dan terimakasih kami sampaikan kepada semua pihak, khususnya Mas Bupati Tuban, BPBD Kab Tuban, TNI-POLRI, Forkopimca dan PT Semen Indonesia. Rumah yang terdampak musibah bencana puting beliung yang kemarin terjadi di Dusun Soco, Desa Socorejo Kec Jenu, hari ini sudah di perbaiki," tutur Kang Arief di lokasi.

Kades muda yang menorehkan banyak prestasi di desanya, menambahkan kolaborasi antar stakeholder yang baik ini akan terus dilanjutkan oleh Pemdes Socorejo, agar manfaatnya terus dirasakan oleh masyarakat.

"Dan semoga Allah SWT senantiasa melindungi kita semua dari bala’ musibah serta bencana," imbuh Kades yang hobi blusukan mendengarkan aspirasi dari warganya itu. 
 
Dari musibah tersebut, Kang Arief menghimbau warganya untuk tidak panik. Sebab, bencana hidrometeorologi salah satunya angin puting beliung merupakan potensi ancaman bencana di Kabupaten Tuban. 
 
Kendati demikian, skema penanganan dan antisipasi berupa penguatan relawan telah dilakukan sehingga dampaknya dapat diminimalisir. 
 
"Mari bekerjasama dan gotong royong membangun Desa Socorejo menjadi tangguh menghadapi bencana," serunya. (*)

.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:75
    Kemarin:617
    Total Pengunjung:1.714.462
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.119.159.150
    Browser:Mozilla 5.0