Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Sejarah Singkat Lahirnya NU

11 Maret 2020 09:09:39  Socorejo Bangkit  4.933 Kali Dibaca  Berita Desa

Tuban - Nahdlatul Ulama (NU) merupakan organisasi islam terbesar se-Indonesia. Sejarah hari lahir NU terjadi 93 tahun silam, tepatnya tanggal 31 Januari 1926. 

Pendirian NU digagas oleh para kiai ternama Jawa Timur, Madura, Jawa Tengah, Jawa Barat, yang menggelar pertemuan di kediaman K.H Wahab Chasbullah di Surabaya. 

Selain K.H Wahab Chasbullah, pertemuan para kiai itu juga merupakan prakarsa dari K.H Hasyim Asy'ari. Yang dibahas pada waktu itu adalah upaya agar Islam tradisional di Indonesia dapat dipertahankan. Maka perlu dibuat wadah khusus.

Sebenaŕnya upaya semacam itu, sudah lama dirintis Kiai Wahab. Bersama K.H Mas Mansur seperti ditulis Ahmad Zahro dalam buku Tradisi Intelektual NU: Lajnah Bahtsul Masail 1926-1999 (2004), Kiai Wahab mendirikan Nhadlatul Wathan yang artinya "Kebangkitan Tanah Air" pada 1914. 

Martin Van Brulnessen dalam buku berjudul NU: Tradisi, Relasi-relasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru (1994) menyebut bahwa, boleh dibilang Nahdlatul Wathan merupakan sebuah lembaga pendidikan agama bercorak nasionalis moderat pertama di Nusantara. 

Sebagai catatan, Nahdlatul Wathan versi Kiai Wahab dan Kiai Mas Mansur berbeda dengan lembaga bernama serupa yang didirikan Tuan Guru Kiai Haji (TGKH) Muhammad Zainuddin Abdul Majid di Lombok, Nusa Tenggara Timur pada 1953. (*)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.057
    Kemarin:638
    Total Pengunjung:1.733.105
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.147.89.47
    Browser:Mozilla 5.0