Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Terima Penghargaan dari Bupati Tuban di Bursa Inovasi Desa

04 Desember 2018 16:23:09  Socorejo Bangkit  910 Kali Dibaca  Berita Desa

Tuban- Pemerintah Desa Socorejo, Kecamatan Jenu telah meraih dua penghargaan sekaligus dalam kegiatan Bursa Inovasi Desa (BID) 2018 di Pendopo Krida Manunggal Tuban pada 19 November 2018 lalu. Penghargaan diserahterimakan langsung Bupati Tuban, Fathul Huda kepada Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim. 

"Alhamdulillah hari ini dua penghargaan sekaligus kita raih dalam BID," tutur Kades Arief, disela penerimaan penghargaan. 

Kang Arief biasa disapa, merinci dua penghargaan yang diterimanya. Yaitu juara 1 Desa Award se-Kabupaten Tuban, dan juara 3 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Award se- Kabupaten Tuban. 

Adapun penghargaan ini Pemdes persembahkan untuk seluruh masyarakat Socorejo tercinta. Karena tanpa semangat dan dukungan nyata dari warga, mustahil Pemdes menerima penghargaan gemilang ini. 

Kepala Dippemas Desa dan KB Tuban, Mahmudi, menambahkan, bursa inovasi desa tujuannya mendorong penggunaan DD berkualitas, efektif, efesien dengan melalui berbagi pembangunan dan peka terhadap kebutuhan desa.

Undangan yang hadir kisaran 1.300 orang terdiri dari Forkopimda, staf ahli, sekretariat daerah, Camat, BPD Tuban, dan seluruh stakholder terkait.

Dalam kesempatan ini, penilaian desa pengelola DD terbaik mencakup tata kelola desa, pengembangan ekonomi desa, insfrastruktur desa, dan pelayanan sosial desa.

Juara satu Desa Socorejo, Kecamatan Jenu. Juara dua Desa Bringin Kecamatan Montong. Juara tiga Desa Sidodadi Kecamatan Bangilan.

Kategori Kades Inovatif, yang dinilai inovasi di desa yang inspiratif. Juara satu Kades Sambonggede Kecamatan Merakurak. Juara dua Kades Ngino Kecamatan Semanding. Juara tiga Kades Ngandong Kecamatan Grabagan Juara empat Kades Karangagung Kecamatan Palang.

Kategori BUMDes terbaik. Juara satu BUMDes Ngandong Kecamatan Grabagan. Juara dua BUMDes Prambontergayang Kecamatan Soko. Juara tiga BUMDes Socorejo Kecamatan Jenu.

Terakhir kategori Kecamatan terbaik dalam fasilitasi pengembangan desa. Yang dinilai aspek kualitas BUMDes, fasilitasi penyertaan modal, dan fasilitasi peningkatan SDM pengurus BUMDes. Juara satu Kecamatan Kenduruan, juara dua Kecamatan Jatirogo, dan juara tiga Kecamatan Bangilan.

Bupati Tuban, Fathul Huda, mengucapkan selamat kepada desa maupun kecamatan yang meraih penghargaan. teruslah berkarya dan berinovasi demi mewujudkan masyarakat Tuban yang maju dan sejahtera. 

Beberapa waktu lalu sudah disampaikan untuk mengadopsi teknologi pemberdayaan desa. Di Tuban sejak ada Dana Desa (DD) tahun 2015 pertumbuhan BUMDes sangat siginifikan. Sebelum DD hanya ada 14 BUMDes, sekarang melonjak menjadi 212 desa yang memiliki BUMDes.

Tingkat perkembangan masyarakat di Perkotaan 55%, dan 45% di Pedesaan. Ini sangat ironis karena terjadi urbanisasi besar-besaran. Desa ini harus cerdas karena Tuban menuju Smart City.

Pemkab Tuban akan membuat Dewan Riset Daerah (DRD), supaya pemkab tahu persis kevalidan data. Baik kondisi desa, dan dukungan dari semua perusahaan.

UMKM Tuban lebih tinggi dari nasional, tapi kontribusi nasional di atas 60%. Di Tuban hanya 3%. Ini sesuatu yang gak ketemu akal. Kontribusi pertumbuhan ekonomi hanya 13%. Kalau nasional pertumbuhan ekonomi kontribusi UMKM 60%. (*)

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:267
    Kemarin:2.540
    Total Pengunjung:1.714.037
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.145.178.240
    Browser:Mozilla 5.0