Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Reformasi Birokrasi Di Socorejo

03 Juni 2018 22:46:11  Socorejo Bangkit  967 Kali Dibaca  Berita Lokal

Reformasi sistem birokrasi di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu merupakan salah satu agenda utama dalam pemerintahan Kepala Desa Arief Rahman Hakim. Kades muda yang hobi blusukan ini, tak ingin masyarakatnya kecewa dengan pelayanan Pemerintah Desa (Pemdes) ring 1 Semen Indonesia (SI).

Arief berharap pertumbuhan ekonomi di masa kepemimpinannya terus meningkat. Untuk itu diperlukan pembangunan infrastruktur yang massif yang ditunjang oleh penguatan sumber daya manusia untuk mencapai impian itu. Kendati demikian, yang jauh lebih mendasar sebetulnya penguatan institusi birokrasi sebagai penyelenggara desa.

"Reformasi birokrasi yang sudah diberlakukan yaitu, jam pelayanan masyarakat dimulai pukul 08:00 sampai 14:00 WIB," tutur Kades Arief.

Makna dari reformasi birokrasi adalah bagaimana menggerakkan manajemen organisasi, agar semuanya efektif dan bisa menguasai lapangan. Untuk itu, proses rekrutmen staf Pemdes menjadi unsur penting, dan akan menentukan kemajuan Socorejo di era selanjutnya.

Untuk menghadapi permasalahan klasik dalam birokrasi di Socorejo, diperlukan terobosan berani. Saat menjabat sebagai Kades, Arief memastikan semua warganya mendapatkan pelayanan yang optimal.

Semua staf Pemdes Socorejo sekarang bekerja pada tugas pokok dan fungsinya. Pengisian jabatan juga tak lagi berdasarkan suka atau tidak suka, berdasarkan kekerabatan, dan atau timbal balik politik. Bukti nyata adalah kang arief sapaan akrabnya, tidak membeda bedakan antara satu dan yang lainnya. semua dirangkul dalam nuansa kekeluargaan untuk menuju kesuksesan bersama.

Mantan aktifis PMII Jogja ini, memastikan stafnya sekarang bukanlah pegawai yang hanya duduk di belakang meja. Mereka menjadi abdi masyarakat yang turun ke lapangan. Sekaligus memahami semua problematika masyarakat di wilayah industri.

"Reformasi birokrasi ini takkan berhenti," janjinya.

Dengan dukungan penuh dari Ibu Sekdes Wintayah, System tata kelola pemerintahan desa ditata dengan rapi dan efektif. Setiap waktu, akan ada perubahan dan dinamisasi dalam pengelolaan desa, serta kompleksitas masalah yang terus berkembang. Sekdes Humanis yang juga baru saja dilantik ini, banyak memberi warna di dalam tata kelola pemerintahan. Dengan demikian, reformasi birokrasi merupakan program berkelanjutan yang harus dicanangkan dalam jangka waktu yang panjang.

Proses reformasi birokrasi harus terus mendapat dukungan semua pihak. Semua stakeholder atau pemangku kepentingan harus terus terlibat di dalamnya. Baik pihak pemerintah, akademisi, pemuda, media, politisi, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta unsur-unsur masyarakat lainnya harus tetap menjaga semangat perjuangan untuk mewujudkan birokrasi Socorejo yang professional, transparan, efektif, dan bertanggung jawab. (*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:173
    Kemarin:617
    Total Pengunjung:1.714.560
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.137.170.183
    Browser:Mozilla 5.0