Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Mengawali Tahun Baru Islam dengan Amalan Sunnah yang Utama

08 Juli 2024 10:34:13  Socorejo Bangkit  55 Kali Dibaca  Berita Desa

Tuban - Muharram adalah salah satu bulan suci dalam kalender Islam, dan 1 Muharram menandai awal Tahun Baru Islam. 

Pada hari yang mulia ini, umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai amalan sunnah sebagai bentuk ibadah dan penghormatan kepada Allah SWT. 

Berikut adalah beberapa sunnah yang dilakukan pada 1 Muharram:

Berpuasa : Salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan pada 1 Muharram adalah berpuasa. Rasulullah SAW bersabda bahwa puasa di bulan Muharram adalah puasa yang paling utama setelah puasa Ramadhan. Puasa di hari Asyura (10 Muharram) juga memiliki keutamaan yang besar.

Memperbanyak Dzikir dan Doa : Umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak dzikir dan doa pada hari ini. Dzikir seperti membaca tasbih, tahmid, tahlil, dan takbir dapat mendekatkan diri kepada Allah dan menambah pahala.

Memperbanyak Istighfar : Muharram adalah waktu yang tepat untuk memperbanyak istighfar dan memohon ampunan atas dosa-dosa yang telah dilakukan. Memohon ampunan Allah adalah salah satu cara untuk memperbaiki diri dan meningkatkan kualitas iman.

Membaca Al-Qur'an : Membaca dan merenungkan Al-Qur'an adalah amalan sunnah yang sangat dianjurkan. Pada hari ini, umat Islam dapat memperbanyak tilawah dan mencoba memahami makna dari ayat-ayat yang dibaca.

Bersedekah : Memberikan sedekah kepada yang membutuhkan adalah salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan di 1 Muharram. Sedekah tidak hanya membantu mereka yang membutuhkan tetapi juga menjadi jalan untuk mendapatkan keberkahan dan pahala dari Allah SWT.

Silaturahmi : Mengunjungi keluarga, tetangga, dan teman-teman untuk mempererat tali silaturahmi adalah sunnah yang dianjurkan. Silaturahmi dapat meningkatkan ukhuwah Islamiyah dan mempererat hubungan antar sesama muslim.

Muhasabah Diri : Merenungkan dan mengevaluasi diri atas amalan-amalan yang telah dilakukan selama tahun sebelumnya adalah hal yang baik dilakukan pada awal tahun baru Islam. Ini adalah waktu yang tepat untuk membuat resolusi dan memperbaiki diri agar menjadi lebih baik di tahun yang akan datang. (*) 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:61
    Kemarin:749
    Total Pengunjung:1.801.880
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:44.200.194.255
    Browser:Tidak ditemukan