Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Kang Arief Pimpin Langsung Upaya Fogging di Socorejo

16 Mei 2024 13:20:02  Socorejo Bangkit  41 Kali Dibaca  Berita Desa

Kasus Demam Berdarah Dangue (DBD) di Kabupaten Tuban terus meningkat hingga awal bulan Maret 2024 ini. Tercatat, ada ratusan kasus yang menjangkit masyarakat di Kabupaten Tuban. 

Oleh karena itu, Pemerintah Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban di bawah kepemimpinan Kades Z. Arief Rahman Hakim, S.HI serius mencegah penyebaran DBD. 

Salah satu upaya nyata yang dilakukan Kang Arief yaitu dengan melakukan fogging atau penyemprotan jentik nyamuk di wilayah Dusun Karangdowo, Kamis (16/5/2024). 

Di awali dari Kantor Desa Socorejo, Kang Arief memantau langsung kesiapan alat fogging. Bersama perangkat desa dan stakeholder lainnya, fogging dilakukan dipimpin langsung oleh Kades muda kebanggaan warga Socorejo itu. 

"Hari ini fogging di wilayah Dusun Karangdowo. Semoga ikhtiar ini dapat menekan penyebaran DBD," tutur Kang Arief. 

Upaya untuk mematikan nyamuk penyebab demam berdarah itu, lanjut Kang Arief harus diikuti pola hidup sehat dengan menerapkan 3M yaitu menutup, menguras dan mengubur. 

Tak kalah penting yaitu membersihkan rumah beserta lingkungan. Di saat anak-anak bermain atau tidur dapat diberi lotion anti nyamuk agar terhindar dari gigitan nyamuk.

"Sebelum penyemprotan kamitelahh himbau agar warga menutup makanan dan minuman di tempat yang aman. Mari kita bahu membahu untuk mencegah adanya demam berdarah di Desa Socorejo," katanya. 

Sementara itu, dikutip dari media blokTuban.com, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes P2KB Tuban, Ratnasari mengatakan selama kurung waktu dua bulan, ada 148 kasus DBD di Bumi Wali Tuban. 

Jumlah tersebut, lanjutnya, mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun 2023. Di mana, pada tahun sebelumnya bulan Januari sampai Februari hanya ada 61 kasus. 

Terbanyak, kasus DBD ada di Kecamatan Jatirogo, yaitu 29 kasus dan Kecamatan Kenduruan ada 25 kasus demam berdarah yang menyerang masyarakat. 

"Penyebab DBD adalah Virus dengue yg dibawa oleh nyamuk Aedes Aegypti," katanya. 

Lebih lanjut, Ratna menjelaskan terdapat satu anak berusia sembilan tahun asal Kecamatan Bangilan, meninggal dunia akibat DBD pada bulan Januari 2024 lalu. (*) 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:1.200
    Total Pengunjung:1.762.509
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.236.83.154
    Browser:Tidak ditemukan