Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Kurangi Dampak Pandemi, 61 Warga Socorejo Diberi BLT DD

27 Agustus 2021 12:12:52  Socorejo Bangkit  590 Kali Dibaca  Berita Desa

Socorejo - Puluhan warga Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban telah diberi Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) oleh Pemerintah Desa Setempat pada tanggal 27 Agustus 2021 siang. Penyerahan bantuan langsung tunai diberikan oleh Kepala Desa Socorejo, Zubas Arief Rahman Hakim didampingi pendamping desa setempat.

BLT Dana Desa yang cair pada akhir bulan Agustus merupakan akumulasi dari bantuan bulan Juni, Juli, Agustus. Setiap penerima mendapatkan uang Rp900.000 untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari.

"Ada 61 penerima BLT DD untuk tiga bulan. Semoga bantuan dari DD ini sedikit mengurangi dampak ekonomi warga selama pandemi COvid-19," tutur Kades Socorejo, Kang Arief.

Kades alumnus UIN Yogyakarta itu menambahkan, BLT DD merupakan salah satu program perlindungan jaminan sosial masyarakat dirancang oleh Pemerintah untuk melindungi masyarakat miskin dan rentan dari dampak Pandemi Covid-19.

Masyarakat miskin dan rentan yang belum menerima bantuan sosial seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan Kartu Prakerja berhak menerima bantuan ini.

"Penerima BLT DD telah melalui musyawarah dan sepengetahuan RT setempat, sehingga diharapkan tepat sasaran dan bermanfaat untuk masyarakat di Socorejo," imbuh Kades yang membawa Socorejo menjadi Juara 1 Terbaik Nasional BPJS TK pada tahun 2019 lalu.

Lebih dari itu, Kang Arief mengatakan selain untuk melindungi masyarakat miskis Pemerintah juga memperluas Jaring Pengaman Sosial (JPS). Regulasi yang mengatur penanganan Covid-19 melalui APBDesa diatur dalam Inmendagri Nomor 3 tahun 2020 dan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 40 tahun 2020.

Sementara itu, Pendamping Desa Socorejo, Suwanto mendorong penerima BLT DD digunakan untuk hal produktif seperti membeli kebutuhan pokok di saat pandemi. Penggunaan untuk hal yang bukan pokok, tidak dianjurkan karena tidak sesuai dengan peruntukan BLT DD.

"Kita dorong untuk dipakai sebaik-baiknya dalam rangka mengurangi dampak pandemi ini," tutupnya. (*)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:827
    Kemarin:416
    Total Pengunjung:1.707.753
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.188.241.82
    Browser:Mozilla 5.0