Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Wilayah Desa

26 Agustus 2016 14:28:14  Socorejo Bangkit  284.350 Kali Dibaca 

Secara administratif, Desa Socorejo terletak diwilayah Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban dengan posisi dibatasi oleh wilayah desa-desa tetangga.

Di sebelah utara berbatasan dengan Laut Jawa

Di sebelah timur  berbatasan dengan Desa Temaji

Di sebelah selatan berbatasan dengan Desa  Karangasem

Di sebelah barat  berbatasan dengan Desa Glondonggede

Jarak tempuh desa Socorejo ke ibu kota kecamatan adalah 12 km, yang dapat ditempuh dengan waktu 15 menit. Sedangkan jarak tempuh ke ibu kota Kabupaten adalah 25  km, yang dapat di tempuh dengan waktu sekitar 30 menit.

Pola pembangunan lahan di desa Socorejo lebih didominasi oleh kegiatan pertanian pangan yaitu palawija (padi, kedelai, jagung) dengan penggunan pengairan tadah hujan dan sumur bor.

Aktifitas mobilitas di desa Socorejo cukup tinggi, khususnya mobilitas angkutan hasil-hasil pertanian maupun sumber-sumber kegiatan ekonomi lainya. Selain itu juga didukung fasilitas pendidikan serta fasilitas kesehatan berupa Puskesmas pembantu yang snagat membantu masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

Namun demikian masih banyak permasalahan yang akhirnya menimbulkan masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran dan kenakalan remaja. Hal tersebut terjadi karena keberadaan potensi yang ada di desa kurang ditunjang oleh infatstruktur yang memadai dan sumber daya manusia yang memenuhii, misalnya keberadan lahan pertanian yang luas di Desa Socorejo tidak bisa mengangkat derajat hidup petani karena produktifitas pertaniannya tidak maksimal bahkan relatif rendah. Hal tersebut disebabkan karena sarana irigasi yang kurang memadai serta sumberdaya para petani baik yang berupa modal maupun pengetahuan tentang sistem modern yang relatif masih kurang.

Namun demikaina masih banyak permasalahan yang akhirnya menimbulkan masalah-masalah sosial seperti kemiskinan, pengangguran dan kenakalan remaja. Hal tersebut terjadi karena keberadaan potensi  yang ada di desa kurnag ditunjang oleh Infrastruktur yang memadai dan sumber daya manusia yang memenuhi, misalnya keberadaan lahan pertanian yang luas di Desa Socorejo tidak bisa mengangkat derajat hidup petani karena produktifitas pertaniannya tidak maksimal bahkan relatif rendah. Hal tersebut disebabkan karena sarana irigasi yang kurang memadai serta sumberdaya para petani baik yang berupa modal maupun pengetahuan tentang sistem pertanian modern yang relatif masih kurang. Akibatnya banyak masyarakat petani yang taraf hidupnya masih dibawah garis kemiskinan.

Catatan : Agar dilengkapi dengan data PPLS terbatu atau data demografi desa yang terakhir (Update terakhir).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:237
    Kemarin:416
    Total Pengunjung:1.707.163
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.15.202.214
    Browser:Tidak ditemukan