Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Dua Hari Pengurus BUMDes Socorejo Ikuti Peningkatan SDM

18 Oktober 2018 08:42:07  Socorejo Bangkit  893 Kali Dibaca  Berita Desa

Tuban- Selama dua hari sejak tanggal 16 sampai 18 Oktober 2018, pengurus BUMDes Socorejo, Kecamatan Jenu mengikuti kegatan peningkatan kapasitas SDM di salah satu hotel di Bumi Wali. Kegiatan yang dihelat Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, dan KB (Dispemas - KB) Tuban ini, dibagi dalam dua gelombang.

Kepala Desa Socorejo, Arif Rahman Hakim, berharap dengan mengikuti kegiatan tersebut, skill dan kemampuan teknis pengurus BUMDesnya bisa semakin baik. Sekaligus mendapatkan keuntungan yang didikasikan untuk masyarakat di ring 1 PT Semen Gresik (SG), Kamis (18/10/2018).

Beberapa hal yang ditekankan selama pelatihan, diantaranya meningkatan tata kelola BUMDesa yang benar. Mulai pendirian sampai pengelolaan yang sesuai Undang-undang (Uu). Selain itu, pengembangan usaha BUMDes dengan melakukan pemetaan potensi manajemen pelaporan keuangan, dan aplikasinya SIAK Bumdes yang sesuai standart Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). 

Terpisah Kepala Dispemas-KB, Mahmudi, menjelaskan pengembangan BUMDesa di ikuti pengurus BUMDesa dan Pendamping Profesional P3MD Tuban. Dengan kegiatan perdana ini, diharapkan kedepan BUMDesa berkembang dan berdaya sesuai harapan regulasi yang ada.

“Kita libatkan instansi lain dan juga BUMN dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan masyarakat dan SDM BUMDesa,” terang pria berkacamata bening. 

Di Bumi Wali, dari 311 desa saat ini sudah ada 200 BUMDes. Jumlah ini melonjak drastis, karena tahun 2017 baru terbentuk 18 BUMDes. Capaian ini berkat kerjasama yang baik antara Dispemas-KB dengan pendamping P3MD.

Saat ini di kabupaten dengan jumlah penduduk 1,3 juta jiwa, telah terbentuk tiga BUMDes bersama. Padahal sebelumnya baru ada satu. BUMDes bersama yang sudah terbentuk, yaitu di Kecamatan Widang, Bancar dan Montong. 

Sebatas diketahui, gelombang I diikuti oleh peserta dari Kecamatan Jenu, Tambakboyo, Bancar, Jatirogo, Kenduruan, Parengan, Singgahan, Senori, Montong dan Bangilan. Sedangkan gelombang II diikuti oleh peserta dari Kecamatan Tuban, Kerek, Merakurak, Palang, Semanding, Grabagan, Soko, Rengel, Plumpang dan Widang. (*)

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:177
    Kemarin:2.540
    Total Pengunjung:1.713.947
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.224.73.125
    Browser:Mozilla 5.0