Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Sedekah Dalam Kontruksi Sosial

09 Juni 2018 22:07:45  Socorejo Bangkit  973 Kali Dibaca  Berita Lokal

‘kelak, ada manusia yang ingin dibangkitkan dari kuburnya hanya karena dia ingin bersedekah’

Maka jangan tahan hartamu untuk para fakir, karena harta yang kita pegang sejatinya untuk disalurkan lagi kepada yang membutuhkan. Kalau kita ikhlas, akan dijanjikan dengan ganti harta yang lebih besar lagi untuk disedekahkan melalui tangan kita. Itulah rahasia perputaran sedekah, kenapa orang sedekah tak pernah miskin.

Fakir adalah keadaan, sedangkan miskin itu mental. Emas’e ngrentep tapi ikut antri sembako, itu mental orang miskin. Berkecukupan minta subsidi, itu ghasab terang-terangan. Anak Adam jika diberi lembah emas niscaya dia akan meminta lembah emas kedua dan seterusnya. Kemaruk. Grangsangan.

Menyikapi bencana alam misalnya, kalau kita berjiwa sosial, itu adalah saat untuk mengulurkan tangan dan meluangkan waktu kita untuk menolong sesama. Sekaligus bermuhasabah, kenapa alam mulai bosan melihat tingkah kita. Bukannya malah mengait-ngaitkan gegara siapa kunjungan kemana lalu terjadi bencana apa. Agama melarang kita bersikap ghuluw, termasuk ghuluw dalam berharta.

Mental miskin yang paling naudzubillah tentu saja seperti yang terlihat di media-media. Bayangkan, setelan suit mahal ber jas dan berdasi, ditangkap di dalam roll royce milik pribadi. Setan sekalipun, paling banter menggoda manusia agar lalai dalam beribadah. Itupun kalau iman kita kuat, setan akan menggoda makhluk lain yang sukanya ngopi wayah maghrib gak muleh-muleh. Maka korupsi ini jenis kejahatan yang melampaui kelakuan setan. Kejahatan yang hanya ada pada orang bermental miskin.

Jangan pula lupa shodaqoh waktu, ini jenis shodaqoh yang paling sulit. Aras-arasen adalah musuh utama shoadqoh waktu. Menolong orang ketika kita sedang enaknya leyeh-leyeh adalah shodaqoh waktu. Gotong royong menyisihkan waktu tidur siang kita juga merupakan shodaqoh waktu. Dijak ngopi mbulet ae, macak sibuk gak ono waktu. Kelak, orang ini akan gentayangan hanya karena semasa hidup tidak pernah mentraktir ngopi. Naudzubillah.

Kini tinggal kita sendiri yang memilih, mau mental kaya atau mental miskin?

Jangan lupa sedekah waktu pada 27 Juni 2018.

Salaam,
24 Ramadhan 1439H.

Maul Thok

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:1.752
    Kemarin:379
    Total Pengunjung:1.671.559
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:54.204.142.235
    Browser:Tidak ditemukan