Selamat Datang di Situs Website Resmi Pemerintah Desa Socorejo Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban - 'Socorejo Bangkit Berjaya'

Artikel

Tindaklanjuti Tuntutan Nelayan, BUMDes Sucorejo Siap Ikut Lelang Pengolahan Limbah B3

30 Mei 2018 20:50:54  Socorejo Bangkit  888 Kali Dibaca  Berita Desa

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Sucorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban menyatakan siap mengikuti lelang dalam pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3) yang berasal dari PT Semen indonesia Logistik (Silog).

Kades Sucorejo Arif Rahman Hakim kepada BANGSAONLINE.com, Jum'at (11/5) mengatakan, langkah ini dilakukan demi mengurai ketegangan nelayan dalam memanfaatkan oli bekas dari PT Silog. "Kesempatan ini merupakan jalan tengah mengurai ketegangan nelayan, setelah demo di kantor Desa Socorejo pada pekan lalu," ujar Arif saat dihubungi melalui ponselnya.

Karena itu, ia berharap BUMDes Sucorejo bisa menang lelang sehingga bias memberi kesempatan kepada nelayan yang membutuhkan oli bekas dengan mekanisme yang ada.

Selama ini, para nelayan menuntut agar oli bekas dari PT Silog langsung dibagi. Tetapi, mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 10 tahun 2014 tentang Pengelolaan Limbah B3, oli bekas tersebut harus diolah oleh pihak yang berkapasitas.

"Karena nelayan tetap memaksa mendapatkan oli bekas itu, akhirnya Pemdes menjembatani untuk bertemu PT Silog. Dalam pertemuan itu, pihak perusahaan tetap tidak berani membagi langsung karena bisa terkena sanksi melangar regulasi. Dari situlah BUMDes Sucorejo siap menjembatani nelayan dengan mengikuti lelang," beber Arif.

"Apabila lelang limbah B3 dimenangkan, maka teknis di lapangan yang menyangkut nelayan akan diatur. Mulai pendataan berapa kebutuhan oli nelayan, mengingat setiap kali lelang dengan jangka waktu 3-4 bulan ada sekitar 16 ribu liter oli bekas. Ke depannya nelayan akan membuat sebuah perjanjian tidak akan memperjualbelikan oli tersebut," terangnya.

"Tujuannya ya oli tersebut benar-benar digunakan untuk melumasi mesin dan alat tangkap lainnya. Apabila opsi pertama gagal, masih ada opsi kedua. Di mana nelayan bisa nempil oli bekas dulu di BUMDes Sucorejo," paparnya.

"Intinya hal-hal yang belum disepakati akan dibahas lebih lanjut diforumkan lagi," sambungnya.

Sementara Rohmat Hidayat selaku tokoh masyarakat desa setempat mengungkapkan jika oli bekas dari PT Silog tersebut sangat bermanfaat untuk membantu perawatan mesin nelayan. "Apabila tidak ada oli dari truk Silog, tentu mesin dan alat tangkap nelayan akan cepat berkarat," katanya.

Ia mengaku sangat berharap nelayan mendapat jatah oli bekas seperti sebelum-sebelumnya. "Lebih baik lagi jika yang menangani pengelolaan limbah itu di tangan BUMDES. Jadi lebih efisien dan efektif," pungkasnya.

Di sisi lain Perwakikan PT Silog Imam mengamini harapan Kades dan tokoh masyarakat. "Dalam lelang nanti harus dimenangkan oleh perusahaan yang memiliki izin B3. Dalam hal ini, BUMDes akan didorong oleh Pemdes untuk menggandeng perusahaan yang sudah ahli di bidang pengolahan B3. Kami ingin lelang limbah B3 ini aman," jelas Imam. (tb1/rev)

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Desa

Back Next

Peta Desa

Sinergi Program

Website Kabupaten Tuban
Taprose Temanku

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Alamat : Jl. Raya Socorejo No. 201 Socorejo
Desa : Socorejo
Kecamatan : Jenu
Kabupaten : Tuban
Kodepos : 62352
Telepon :
Email : desasocorejo@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:2.459
    Kemarin:750
    Total Pengunjung:1.713.689
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:18.226.169.94
    Browser:Mozilla 5.0